Koperasi Pertama didunia berawal memenuhi kebutuhan konsumsi di inggris kemudian seluruh dunia.

Koperasi merupakan bentuk badan usaha yang dibuat berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berarti koperasi dibuat dan di gerakan oleh anggotanya untuk kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial dan budaya, Sesuai dengan namanya koperasi berasal dari kata co-operation yang berarti Kerja sama.

Koperasi memiliki prinsip prinsip seperti,  Keanggotaan yang bersifat sukarela, Partisipasi anggota untuk memajukan ekonomi, Hasil yang diperoleh juga digunakan untuk Pengembangan pendidikan, pelatihan, dan informasi.Koperasi bersifat bebas dan otonomi.

Koperasi tercipta karena adanya kekecewaan rakyat dengan sistem ekonomi pasar yang dirasa sangat individualist yang mementingkan keuntungan pribadi atau pun sebagian pihak saja. Negara Inggris dicatat menjadi negara pertama yang mendirikan koperasi di dunia.

Sejarah singkat Koperasi pertama di dunia, Koperasi Rochdale di inggirs.

Kota Kelahiran Koperasi Rochdale

Lahirnya koperasi pertama dikenal dengan Koperasi Rochdale diambil dari nama kota di bagian utara inggris dan digagas Charles Howard pada tanggal 24 Oktober 1844, Sekarang hari lahirnya koperasi ini sering diperingati sebagai “Gerakan Koperasi Modern”.

Sistem Ekonomi di inggris pada masa itu lebih mengagas sistem kapitalisme di mana persaingan pasar bebas tapi hanya berpihak pada pemilik modal sehingga mengakibatkan kemiskinan dan kesenjangan sosial yang lebar.

Pada awalnya, Gerakan Koperasi Rochdale hanya berisi berbagai gagasan ide yang praktis tentang mengelola toko menggunakan prinsip-prinsip koperasi dengan menyediakan barang-barang konsumsi untuk keperluan sehari-hari. Gerakan ini sering disebut “KOPERASI PRAINDUSTRI”.

Akan tetapi seiring berkembang dan terjadinya penambahan modal koperasi, koperasi mulai memproduksi sendiri barang yang akan dijual, Hal ini menciptakan kesempatan bekerja bagi anggota yang masih belum bekerja dan menambah pendapatan bagi mereka yang sudah memiliki pekerjaan.

Pada tahun 1851, Perkembangan Koperasi Rochdale sampai pada titik di mana mampu mendirikan sebuah pabrik dan mendirikan perumahan bagi anggotanya dan pada tahun selanjutnya tahun 1852 telah berdiri sekitar 100 koperasi konsumsi di  Inggris.

Pada  tahun  1862,  koperasi-koperasi konsumsi  ini akhirnya menyatukan diri dan mendirikan pusat  koperasi  pembelian dengan  nama The Cooperative Wholesale Society (C.W.S).

Perkembangan Usaha Koperasi Rochdale baik di sektor produksi maupun di sektor perdagangan di negara inggris , Kemudian menyebar ke negara-negara lainnya dengan membuka perwakilan-perwakilan di luar negeri seperti New York, Copenhagen, Hamburg dan lain-lain.

Pada tahun tahun selanjutnya Koperasi Rochdale telah melakukan ekspansi usaha di bidang transportasi, perbankan, dan asuransi juga melebarkan sayap pada bidang penerbitan dengan dibuatnya surat kabar “Cooperative News.”

Pada tahun 1883 di dirikan nya sebuah gerakan The Women’s Cooperative Guild dengan memperjuangkan hak-hak kaum wanita sebagai ibu rumah tangga, warga negara, dan sebagai konsumen hasilnya gerakan ini mampu memberikan dampak besar pada koperasi.

Pada tahun-tahun selanjutnya imbas dari surat kabar dan gerakan kaum wanita, Koperasi Rochdale memulai kegiatan pada bidang pendidikan dengan menyediakan Perpustakaan gratis dan bebas pertama di inggris sekaligus di gunakan untuk tempat berbagai kursus dan pemberantasan buta huruf.

Dari gerakan ini berujung kepada didirikannya Cooperative College Pada tahun 1919 di Manchester yang merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama yang didirikan oleh koperasi.  

Pada tahun 1945 dengan masih berpusat pada C.W.S, Koperasi telah memiliki 200 unit pabrik dengan kurang lebih 9000 pekerja. Perputaran modal saat itu telah mencapai 55 juta poundsterling. Tahun tahun selanjutnya jumlah anggota koperasi mencakup 22 persen dari total penduduk Inggris yang mencapai 50 juta jiwa dan terus meningkat.

Prinsip dan nilai nilai pada Koperasi Rochdale membentuk dasar bagi prinsip-prinsip koperasi yang masih beroperasi di seluruh dunia dan dikembangkan pada negara negara lain hingga hari ini.

rochdale museum yang menyimpan cerita lengkap sejarah dari kota rochdale dalam membangun koperasi

Sumber :

https://manchesterhistory.net/rochdale/history.html
https://www.geograph.org.uk/photo/3411303

Baca Juga Koperasi Syariah dinilai lebih baik dari koperasi konvensional